Kabar Kantor Wilayah

Indeks Berita Kantor Wilayah Kementerian Hukum Sulawesi Tenggara

Pastikan Kesiapan Sarana dan Prasarana Pelayanan Publik, Kakanwil Lakukan Peninjauan Lapangan

Kendari – Dalam rangka akselerasi pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum Sulawesi Tenggara, Topan Sopuan, melakukan peninjauan langsung terhadap kesiapan sarana dan prasarana (sarpras) di seluruh area lingkungan kantor. Jumat (12/9/2025).

Kegiatan ini merupakan langkah strategis untuk memastikan bahwa seluruh fasilitas yang tersedia tidak hanya memadai, tetapi juga mampu memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi masyarakat yang menerima layanan serta bagi seluruh pegawai dalam menjalankan tugasnya.

WhatsApp Image 2025 09 12 at 11.34.182

Didampingi oleh Kepala Bagian Tata Usaha dan Umum, I Putu Dharmayasa, Kakanwil, Topan Sopuan meninjau secara detail beberapa titik vital. Inspeksi dimulai dari Ruang Pelayanan Terpadu untuk memastikan kelancaran sistem antrean digital, ketersediaan formulir, serta keramahan dan kesigapan petugas di lini terdepan.

Peninjauan dilanjutkan dengan memeriksa fasilitas bagi kelompok rentan, seperti ketersediaan dan kelayakan jalur landai (ram) bagi penyandang disabilitas, toilet khusus, ruang laktasi, serta kursi prioritas.

Perhatian juga diberikan pada area tunggu publik, di mana Kakanwil memeriksa kebersihan, kenyamanan, serta ketersediaan fasilitas penunjang seperti air minum gratis dan pojok baca. Terakhir, beliau juga memastikan sistem keamanan dan kebersihan lingkungan kantor, termasuk fungsi kamera CCTV dan penjagaan di titik-titik strategis.

WhatsApp Image 2025 09 12 at 11.35.02

Dalam kesempatannya, Kakanwil, Topan Sopuan menekankan bahwa sarana dan prasarana yang prima adalah cerminan dari komitmen institusi dalam memberikan pelayanan terbaik.

"Pengecekan ini bukan sekadar formalitas untuk memenuhi daftar periksa, tetapi untuk merasakan langsung apa yang dirasakan oleh masyarakat saat datang ke kantor kita," ujarnya. "Predikat WBBM adalah tentang membangun budaya melayani yang sesungguhnya. Itu semua dimulai dari hal-hal dasar seperti fasilitas yang bersih, nyaman, dan ramah bagi semua kalangan. Ini adalah wajah birokrasi kita," tegasnya.

WhatsApp Image 2025 09 12 at 11.34.18

Komitmen Kantor Wilayah Kementerian Hukum Sulawesi Tenggara untuk meraih predikat WBBM terus diwujudkan melalui perbaikan berkelanjutan di semua lini, baik dari sisi sumber daya manusia, inovasi layanan, maupun peningkatan kualitas sarana dan prasarana. Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan kepuasan serta kepercayaan publik terhadap kinerja instansi.

Setahun Bekerja, Bergerak-Berdampak

logo besar kuning
 
KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM 
PROVINSI SULAWESI TENGGARA
PikPng.com school icon png 2780725   Jl. Abunawas No. VIIA, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara 93461
PikPng.com phone icon png 604605   +6813-55554600
PikPng.com email png 581646   Email 
    kanwilsultra@kemenkum.go.id
PikPng.com email png 581646   Email Pengaduan
    humaskemenkumhamsultra@gmail.com

 

 

facebook kemenkumham   twitter kemenkumham   instagram kemenkumham   Youtube kemenkumham
logo besar kuning
 
KANWIL KEMENKUM
SULAWESI TENGGARA


  twitter kemenkumham   instagram kemenkumham   linked in kemenkumham   Youtube kemenkumham   rss kemenkumham

  Jl. Abunawas No. VIIA, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara 93461
PikPng.com phone icon png 604605   0813-55554600
PikPng.com email png 581646   kanwilsultra@kemenkum.go.id
PikPng.com email png 581646   humaskemenkumhamsultra@gmail.com

Copyright © Pusat Data dan Teknologi Informasi
Kemenkumham RI