Kendari - Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Hukum terus berupaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di lingkungan Kementerian Hukum. Hal ini disampaikan dalam kegiatan pelatihan penguatan substansi pelatihan hukum, Peraturan perundang-undangan, dan pembinaan hukum yang dilaksanakan secara virtual.
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum Sulawesi Tenggara (Kakanwil Kemenkum Sultra), Topan Sopuan, mengikuti kegiatan tersebut dan dibuka secara resmi oleh Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Hukum, Gusti Ayu Putu Suwardani.
Kepala BPSDM Kementerian Hukum, Gusti Ayu Putu Suwardani menekankan pentingnya penyesuaian organisasi dan tata kerja Kementerian Hukum yang merujuk pada Peraturan Menteri Hukum Nomor 2 Tahun 2024. Kantor wilayah diharapkan menjadi perpanjangan tangan dari Kementerian Hukum, dan para Kepala Kantor Wilayah serta Kepala Divisi diharapkan dapat melaksanakan seluruh tugas fungsi unit esselon 1 di pusat.
"Kami berharap materi-materi yang disampaikan oleh para narasumber dapat mendorong kantor wilayah untuk melakukan rencana aksi sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing," ujar Kepala BPSDM Hukum, Gusti Ayu Putu Suwardani. Senin (17/03/2025)
Beliau dalam sambutannya juga menyampaikan bahwa pelatihan ini sangat penting untuk membekali para Kepala Kantor Wilayah dan Kepala Divisi dalam melaksanakan tugas dan fungsi di daerah. Ia menekankan perlunya penyesuaian organisasi dan tata kerja Kementerian Hukum yang baru.
"Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan para peserta dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat di bidang hukum," Pungkasnya.
Kepala Kantor Wilayah Kemenkum Sultra, Topan Sopuan menyambut baik upaya BPSDM Hukum dalam meningkatkan kualitas SDM. Beliau sebagai peserta menyatakan bahwa pelatihan ini sangat penting untuk membekali para Kepala Kantor Wilayah dan Kepala Divisi dalam melaksanakan tugas dan fungsi di daerah.
Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan para Kepala Kantor Wilayah dan Kepala Divisi dapat meningkatkan kinerja dan memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat.