Kendari – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum Sulawesi Tenggara (Kakanwil Kemenkum Sultra), Topan Sopuan, bersama Kepala Divisi Pelayanan Hukum, Tubagus Erif Faturahman, Kepala Divisi Peraturan Perundang-undangan dan Pembinaan Hukum, Candrafriandi Achmad, Kepala Bagian Tata Usaha dan Umum, I Putu Dharmayasa, serta seluruh Tim Kelompok Kerja (Pokja) Zona Integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), hari ini memaparkan hasil dan inovasi yang telah dilakukan dalam Desk Evaluasi bersama Tim Penilai Internal Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum RI.
Kegiatan yang berlangsung secara virtual di Aula Kanwil Kemenkum Sultra ini merupakan tahapan penting dalam upaya Kantor Wilayah Kemenkum Sultra meraih predikat WBBM. Dalam paparannya, Kakanwil, Topan Sopuan menyampaikan komitmen dan langkah-langkah strategis yang telah diimplementasikan untuk mewujudkan birokrasi yang bersih, akuntabel, dan memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.
"Kami telah melakukan berbagai inovasi dan pembenahan di berbagai aspek pelayanan dan tata kelola pemerintahan. Ini semua adalah wujud komitmen kami untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat Sulawesi Tenggara," ujar Topan dalam paparannya. Rabu (07/05/2025)
Lebih lanjut, masing-masing ketua Pokja memaparkan secara detail inovasi-inovasi unggulan yang telah berhasil diimplementasikan. Inovasi-inovasi tersebut seperti E-Ranperda yang mempermudah dalam Proses Penyusunan dan Harmonisasi Peraturan Daerah. Silaris atau sistem informasi layanan notaris yang mempermudah dalam pelaporan notaris, serta D'Park atau Digitalisasi Penelitian/reviu RKA-KL.
Tim Penilai Internal Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dalam hal ini Inspektur Wilayah III, Elly Yuzar memberikan apresiasi atas progres dan inovasi yang telah dilakukan oleh Kantor Wilayah Kemenkum Sultra. Mereka juga memberikan masukan konstruktif untuk penyempurnaan lebih lanjut.
"Kami melihat adanya keseriusan dan semangat yang tinggi dari seluruh jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum Sulawesi Tenggara dalam mewujudkan WBBM. Inovasi-inovasi yang dipaparkan juga sangat baik dan berpotensi memberikan dampak positif bagi pelayanan publik," ungkap Elly.
Dengan pelaksanaan Desk Evaluasi ini, Kantor Wilayah Kemenkum Sultra semakin optimis dalam meraih predikat WBBM. Seluruh jajaran akan terus bekerja keras dan melakukan penyempurnaan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan mewujudkan birokrasi yang bersih dan melayani.